6 Tips Merawat Kulit Berminyak




Menjadi dambaan setiap orang untuk memiliki kulit wajah yang terlihat putih, bersih, dan juga menarik. Memiliki wajah yang berminyak masih terbilang normal, tetapi jika produksi minyaknya terlalu berlebihan maka sebaiknya tidak boleh dibiarkan. Karena wajah berminyak ini selain akan menimbulkan jerawat tetapi juga akan menyebabkan penampilan tampak lusuh. Menurut beberapa ahli dermatologi mengatakan penyebab produksi minyak terlalu berlebihan pada wajah seseorang adalah dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti faktor hormon, aktivitas sehari hari, udara, pola makan, dan juga pengaruh keadaan lingkungan sekitar. Untuk para pemilik kulit berminyak ini adanya beberapa hal yang perlu dilakukannya sebagai cara merawat kulit wajahnya.

Berikut 6 tips merawat kulit berminyak diantaranya yaitu :

1.      Tidak Mengabaikan Moisturizer
Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh para pemilik kulit wajah berminyak adalah selalu melewatkan menggunakan moisturizer atau pelembab. Padahal dengan menggunakan pelembab maka akan dapat menjaga kulit tetap sehat karena bakteri akan dapat dicegah atau radiasi sinar UV yang dapat mengancam keseimbangan minyak pada kulit wajah.

2.      Dengan Membersihkan Kulit Wajah 3 Kali Sehari
Tidak akan menjadi masalah pada saat kulit wajah hanya dibersihkan dengan menggunakan air biasa lebih dari 3 kali didalam setiap harinya. Tetapi pada saat membersihkannya dengan menggunakan berbagai macam produk pembersih wajah maka kemungkinannya dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kulit wajah. Pada saat akan mencuci wajah maka ada baiknya menggunakan air dingin atau air es supaya mengecilnya pori pori kulit dan juga pH kulit akan tetap terjaga keseimbangannya.

3.      Menggunakan Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Berminyak
Salah satu solusi paling tepat untuk mengurangi produksi minyak berlebihan pada kulit wajah adalah dengan menggunakan masker putih telur. Masker ini bisa kamu buat sendiri dengan menambahkan campuran yang lainnya seperti madu atau tepung beras sehingga akan dihasilkannya tekstur seperti pasta. Caranya adalah oleskan masker pada kulit wajah secara merata lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian wajah dibilas dengan menggunakan air dingin atau air mawar.

4.      Memilih Produk Perawatan Yang Cocok
Mereka yang memiliki kulit wajah berminyak akan membutuhkan produk perawatan yang cocok untuk menghilangkan kelebihan minyak pada kulit wajahnya tanpa membuatnya menjadi kering. Sebaiknya memilih sabun pencuci wajah yang menggunakan bahan dasar gel yang dicocok digunakan pada kulit wajah berminyak.

5.      Mengkonsumsi Air Putih
Mengkonsumsi air putih adalah salah satu cara untuk merawat kulit wajah berminyak. Air putih ini memang dikenal memiliki banyak manfaat. Dengan mengkonsumsi air putih ini maka akan dapat mengontrol kadar minyak didalam tubuh. Oleh karena itu supaya lebih terkendalinya produksi minyak didalam tubuh, pastikan setiap hari mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas.

6.      Menghindari Makanan Berminyak
Makanan yang biasa dikonsumsi merupakan salah satu penyebab kulit wajah berminyak. Oleh karena itu jika ingin kadar minyak berlebih dikulit wajah berkurang maka sebaiknya mengurangi makanan berminyak dan berlemak tinggi seperti gorengan dan junk food.

Itulah 6 tips merawat kulit berminyak. Selain itu juga mereka dengan kulit berminyak harus meminimalkan penggunaan make up. Untuk sehari hari cukup dengan menggunakan tabir surya, pelembab, dan juga bedak tabur. Tetapi jika ingin menggunakan full make up, supaya hasil make up lebih tahan lama pastikan menggunakan primer dan pilihlah produk yang memiliki label oil free.

6 Tips Merawat Kulit Berminyak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Penulis